Thursday, March 8, 2018

Cara Memperbaiki Kompor Gas Secara Umum

Pada waktu awal membeli biasanya kompor gas bekerja dengan normal. Tiap tungku gas bisa dinyalakan dengan baik begitu pula dengan api yang dihasilkannya juga baik damn berwarna biru. Tapi seiring waktu maka kompor gas mula muncul beberapa masalah. Mulai dari yang susah dinyalakan, apinya tidak biru dan bahkan kompor gas susah dinyalakan sama sekali. Jika anda ingin memperbaikinya sendiri maka sebaiknya anda harus tahu dulu beberapa kemungknan penyebabnya. Nah di bawah ini ada solusi cara perbaiki kompor gas Tidak menyala berdasarkan penyebabnya. Umumnya masalahnya tidaklah terlalu rumit jika anda paham bagaimana cara mengatasi kompor gas yang susah dinyalakan ini.



Mencari Penyebab kompor gas Susah Dinyalakan Langkah pertama bila kompor gas anda tidak mau menyala, langkah awal adalah periksa dulu apakah gas anda masih atau habis. Kalau habis ya tinggal beli di warung. Tapi seandainya jika gas elpiji masih ada, putar kenopnya dan dengarkan dikompor anda ada desis tidak Jika ada desis berarti gas anda sudah mengalir ke kompor. Dari sini bisa diketahui bebrapa kemungkinan penyebab kompor gas tidak menyala. Pertama Bila tidak ada desis masalah gas tersumbat apa di regulator, bisa juga dari koreknya alias pemantik apinya kotor atau bermasalah, bisa juga burner kuningannya tersumbat dan kotor dan lain sebagainya. Untuk itu mari kita mulai cara mengatasi kompor gas yang sulit dinyalakan ini dengan cara membersihkan semua komponen dari kompor gas tersebut.
Tips Agar Kompor Gas Mudah dinyalakan adalah dengan rutin membersihkan kompor gas anda secara rutin dan berkala. Mari kita mulai ke tahap cara membersihkan kompor gas dengan baik danm benar.
Cara Membersihkan Kompor Gas
1. Burner kuningan ( bagian keluarnya api )

Burner kompor gas - Cara Membersihkan Kompor Gas

Cara membersihkan nya :
a. Cabut dan lepaskan burner dari kompor gas
b. Rendam dalam larutan asam ( sitrun yang biasa untuk rasa asam pada minuman) larutkan dalam air secukupnya, yang penting burner bisa tenggelam semua.
2. Tatakan 
Cara membersihkan nya : cuci dengan air dan detergen, bisa di rendam kurang lebih 50 menit. kita tinggal dulu dan membersihkan bagian kompor gas lainnya.
3. Pipa penghubung spuyer dengan tungku
Posisi pipa penghubung spuyer ini persis di bawah burner fungsinya mengalirkan gas yang keluar dari spuyer yang sudah bercampur dengan oksigen yang volumenya sudah di tentukan. Biasanya untuk merk rinnai bahannya dari stainless dan untuk melepasnya kita hanya mencabut pin lock ( sejenis kawat kecil mengunci di kedua ujungnya ), tapi saatini merk-merk lain juga hampir semuanya memakai cara yang sama.
Cara membersihkannya : setelah diambil kemudian dibersihkan menggunakan air hangat, perhatikan bagian dalam pipa apa ada yang kotor, apabila terdapat kotoran maka bersihkan lah kembali dan biarkan sampai mengering.
4. Ruang dalam kompor gas (body dalam )
Cara membersihkannya : Bersihkan ruang bagian dalam kompor gas ini dengan kuas cat atau apa saja yang bisa menjangkau bagian dalam tadi sampai bersih. Karena biasanya pada bagian ini terdapat kotoran yang bercampur debu, minyak dll.
5. Melepas spuyer (lubang keluarnya gas) 



Umumnya kalau dilihat dari depan kompor gas terlatak lurus mendatar dari knop penyalaan, dilihat dari dalam persis di ujung pipa penghubung tungku atau burner. Hal ini perlu dilakukan jika ada masalah nyala api kompor merah dan menbuat alat masak jadi hitam atau bahkan tidak nyala sama sekali padahal pemantik nyala , nyala api kecil.
Cara Memperbaiki Kompor Gas yang tidak keluar api
Pada pararagraf awal telah diulas sedikit tentang penyebab gas tidak menyala secara sekilas. Selanjutnya bagaimana bila kompor gas tidak mengeluarkan bunga api saat dinyalakan? Kompor gas tak keluar bunga apinya saat kita hidupkan di karenakan beberapa hal, Meskipun telah kita bersihkan kompor gasnya. Mari kita bahas satu-sama.

pemantik kompor gas - memperbaiki kompor gas susah nyala
1. Lepasnya kabel pemantik. 
Beberapa produsen kompor gas menempatkan kabel ini hanya menempel saja pada body dalam arti tidak di buatkan tempat lalu kabel tersebut di masukkan ketempat tersebut dan dampaknya saat kompor gas di pindah atau di geser terkadang lepas. Solusinya mudah saja, masukkan kembali kabel pemantik pada tempatnya
2. Ujung pemantik yang kotor. 
Cara kerja pemantik ini sama seperti busi motor jadi saat ujung pemantiknya kotor maka bunga api pun tak keluar. Solusinya, amplas ujung pemantiknya
3. Terjadinya aus pada pemantik. 
Hal ini mengakibatkan pemantik tak mampu mengeluarkan bunga api lagi.
Solusinya ganti, harga pemantik kompor gas di pasaran yang biasa berkisar RP 15 000 sampai 20 000.
Cara Memperbaiki kompor gas tidak mau menyala api
Untuk memeriksa kompor gas yang tidak bisa menyala perlu di butuhkan analisa untuk mencari penyebabnya, oleh sebab itu silahkan ikuti langkah di bawah ini untuk menemukan kerusakan kompor gas yang tak mau menyala tadi :

  1. Periksalah apakah pemantik muncul bunga api, jika tidak keluar ikuti langkah pertama untuk menyelesaikanya
  2. Jika memang pemantik masih mengeluarkan bunga api periksa jarak celah antara ujung pemantik dan jalur gas ,biasanya berubahnya celah antara pemantik dan jalur gas mengakibatkan tak terjadinya pembakaran. Solusinya, pepetkan antara pemantik kompor gas dan jalur gasnya.
  3. Periksa apakah gas keluar dari selangnya jika tidak maka lakukan pemeriksaan, mulai dari seal tabung gasnya ,coba ganti seal tabung gasnya terdahulu, jika setelah pergantian gas keluar berarti penyebabnya seal menutup lubang jalur gasnya.
  4. Jika hal diatas dilakukan tetap tidak mau menyala, periksa regulator pada tungkunya karena terkadang ada kotoran yang menyumbat sehingga gas tak mau keluar. Untuk cara membukanya ikuti langkahnya sebagai berikut

Cara membuka Regulator Tungku Kompor Gas
1. buka pengunci regulator kompor gas dengan drei men / pisau
2. buka tutup pengungkit regulator kompor gasnya
3. setelah terbuka buka karet hitam di bawah ini lalu bersihkan lubangnya
Biasanya masalah selesai sampai disini dan kompor bisa berfungsi dengan normal kembali. Tapi jika cara tersebut masih juga tak menyelesaikan masalah maka solusinya adalah ganti regulator kompor gasnya dengan yang baru.
Demikianlah beberapa ulasan mengenai tips cara memperbaiki kompor gas yang tidak menyala berdasarkan penyebabnya. Masalah diatas biasanya tidak akan timbul bila kita rutin membersihkan kompor gas secara berkala. Selalu menjaga kebersihan dan merawat kompor gas agar berfungsi dengan baik.

Sumber  : http://www.caraperbaiki.com

0 komentar:

Post a Comment